Blackmagic Pocket Cinema Camera: Alternatif Baru

Blackmagic Pocket Cinema Camera

Blackmagic Pocket Cinema Camera

Sementara banyak videographer yang selalu tertarik dengan banyak kamera-kamera baru seperti Canon C-series atau sang pendatang ‘underdog’ Blackmagic Cinema Camera, saya belum begitu merasa tertarik. Kenapa? Soalnya untuk pekerjaan saya saat ini kemampuan video DSLR sudah cukup, dan  harga ke semua mainan baru itu masih sangat tinggi. Dan ini kita belum bicara soal workflow dan lain-lainnya. Baru dari NAB kemarin ada kabar yang lumayan membuat saya jadi melirik, kali ini Blackmagic Design meluncurkan satu lagi kamera video, tapi dengan bentuk dan harga yang relatif ‘kecil’, namanya Blackmagic Pocket Cinema Camera.

Mengusung sensor ukuran Super 16 yang memberikan video full HD dengan dynamic range sebanyak 13 stop, Blackmagic Pocket Cinema Camera menjanjikan kualitas video yang lebih baik daripada DSLR. Terutama di set yang terang. Dengan ukuran yang sepertinya kurang lebih sama dengan Sony NEX atau Samsung NX, BMPCC menggunakan lensa mount MFT. Belum ada kabar apakah akan ada versi lensa EF mount seperti abangnya, BMCC. Saya nggak akan bahas detil teknisnya karena bisa langsung lihat di website nya, tapi satu yang menarik sekali buat saya adalah harganya, us$995.

Blackmagic Pocket Cinema Camera - MFT Lens

Blackmagic Pocket Cinema Camera – MFT Lens

Jika dengan harga ini bisa lebih baik daripada DSLR mainstream, mungkin bisa jadi alternatif yang menarik walau lensanya di sini nggak begitu populer. Toh kayaknya bisa pakai adapter. Yang belum ketahuan, bagaimana dengan kemampuan low light nya? Kita tunggu saja, kabarnya akan mulai dipasarkan di bulan Juli. Di Indonesia sudah mulai ada yang memesan kakaknya, Blackmagic Cinema Camera, tapi bagaimana dengan si ‘kecil’ ini? Ada yang sudah pesan?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s