Facebook Home

Baru-baru ini Facebook meluncurkan aplikasi baru untuk Android, sebuah launcher yang menggantikan halaman utama dan user interface pada smartphone Android, namanya: Facebook Home.

Yang menariknya adalah layar utama smartphone Android kita akan menampilkan status update teman-teman Facebook kita dengan gambar full screen yang bergeser perlahan secara anggun. ‘Home’ di Android kita bukan lagi deretan icon aplikasi atau widget, Facebook menyebutnya sebagai memrioritaskan manusia ketimbang aplikasi. Jadi begitu menyalakan smartphone, yang pertama kita lihat adalah ‘teman-teman’ kita. Sebagian besar bilang “Oh, Windows Phone 8 dulu juga bilang begitu.”. Memang, tapi Facebook Home terasa jauh lebih ‘manusia’ ketimbang tiles di Windows Phone 8, dan anggunnya lebih terasa seperti Flipboard.

Facebook Home

Yang tidak menariknya, adalah bahwa Facebook Home dirancang untuk mengambil alih dan mengubah semua user interface Android kita dan menggantikannya dengan antarmukanya sendiri. Bikin malas kan? Apalagi kalau kita bukan pengguna berat Facebook. Memang, fitur Facebook Home bukan hanya layar utama, tapi juga fitur Chat Heads yang memungkinkan Facebook Chat tetap berada di atas layar, walau apapun app yang terbuka. Tapi apa itu sebanding dengan mengorbankan user interface yang sudah kita kenal akrab? Belum tentu. Tapi bagaimanapun juga, ini menarik dicoba.

Yang mengejutkan, adalah bahwa ternyata jika bisa dijalankan tanpa mengambil alih total user interface kita, Facebook Home bisa menyenangkan. Ini yang saya lakukan dengan Facebook Home di Galaxy Note 2. Setelah menginstall Facebook Home, jalankan tapi pilih “just once’ dan jangan ‘always’. Dalam kasus saya, ini membuat Facebook Home hanya berada di luar lock screen.

Dari posisi handset mati, jika menekan home atau power, yang pertama muncul adalah Facebook Home. Kita bisa melihat-lihat update Facebook teman yang ternyata jadi keren kalau ditampilkan fullscreen dan bergeser pelan. Setelah itu, jika kita menekan home sekali lagi, akan dibawa ke unlock screen. Setelah kita unlock, kita akan kembali ke sistem Android bawaan handset dan bukan Facebook Home. Dengan begini, jadi win-wins solution yang menyenangkan! Sekarang, sayangnya kebanyakan teman-teman sudah jarang aktif di Facebook…

20130417_183859

20130417_122003

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s