Mau Marah Rasanya!

Ada apa ini? Rilisnya berbarengan, tapi “The Maling Kuburans” kok cuma dikasi di 12 layar/60 show di Jakarta, sementara yang satu lagi keluar bersamaan tapi bisa 20 layar/100 show? Sudahlah begitu, TMK cuma disisakan layar-layar yang agak berat untuk film Indonesia seperti Hollywood KC, La Piazza, Pondok Indah Mall. Sementara semua bioskop yang dikenal sebagai gudang penonton film Indonesia diberikan sepenuhnya ke film yang keluar berbarengan. Seperti Kelapa Gading, Daan Mogot, Slipi, Depok, Detos, Cinere, dan banyak lagi, tidak satupun diberikan ke TMK. Seharusnya bisa lebih berimbang pembagiannya. Ini sama saja dengan mau mematikan film saya sebelum sempat hidup!

Nggak fair. Saya ngerti sekarang sedang banyak film beredar bersamaan, jadwal pun berebut. Logis dan jelas. Itu saya paham sekali, tapi minimal bisa dong ngasi pembagian yang lebih wajar? Kalau seperti ini sih sudah telak-telak ada favoritism. Padahal TMK di hari pertama menunjukkan kemampuan merebut penonton yang sangat potensial. Dibandingkan SKB yang tayang full di 20 layar Jakarta dan juga lengkap di semua kota, hasil hari pertama TMK menunjukkan bahwa kalau saja diberi kesempatan yang lebih fair, bisa melebihi angka Setannya Kok Beneran. Sayangnya, TMK kesannya malah digencet duluan.

Saya nggak tahu mau ngomong apa lagi. Nggak, saya nggak nyerah. Tapi rasanya mau marah. Saya dan teman-teman kerja keras mengolah film ini dari nol selama 6 bulan. Ketika dengar akan keluar ditengah persaingan yang berat, saya nggak terlalu khawatir karena persaingan itu hal biasa. Tapi kalau dalam cara bersaingnya ada yang nggak wajar, wah… Susah mau berkompetisi. Yah, pada akhirnya saya mohon doa dan dukungan rekan-rekan aja. Yang penting, filmnya seru, lucu, dan yang nonton ketawa semua dari awal sampai akhir.

Iklan

5 thoughts on “Mau Marah Rasanya!

  1. Gimana laporan terakhir jumlah penontonnya, Pak ? Mudah-mudahan feeling saya benar, yaitu: tembus di atas 400.000 penonton. Soalnya pas hari pertama diputer di Pondok Gede 21, saya sempet melihat antusias yang lumayan bikin mata berkaca-kaca (padahal Pondok Gede cukup telat, schedulnya pun setelah KCB turun)

  2. Waktu release date nya pake planning dong, semua film, musik, theatre, concert di sini (North America) untuk release datenya pake planning yang serius.
    Jangan sampai misalnya 2 film bagus diadu gitu aja, sayang ‘kan kalau sampai dua2nya kalah.
    Makanya ada film yang release datenya bisa ditunda sampai bertahun2.
    Tapi ada juga film yang sengaja diadu release datenya sama, kayak film ‘Marley & Me’ & ‘Curious Case Benjamin Button’ bintangnya Jennifer Aniston & Brad Pitt, nah itu baru sengaja. Dan untuk promosi film nya, Jennifer Aniston sampai foto nude di Variety kalo nggak salah…

    Peace, Your old friends, Calgary, Canada.

    • Release date ya sudah diplanning dong, masak main-main. Ini yang jadi masalah adalah placement nya yang ternyata ngasal, ini nggak kejadian sebelumnya. Kalau soal release date, justru dari jauh hari sudah punya release date duluan. Release date yang kita pakai sudah bagus, liburan sekolah, dan ada liburan pemilu seteah opening weekend. Soal persaingan, sebanding dengan potensi penonton di school holiday ini. Summer movies dari H’wood nggak masalah, beda market, lalu local movies, nggak apa juga selama placement kita masih fair. Yang jadi masalah cuma placement yang dilakukan EP ternyata tidak mengikat, akhirnya jadi tolol sendiri.

      Nah, tapi kalau bicara soal perencanaan release date film lokal, satu masalah adalah kita nggak bisa tahu pasti saingan apa yang dihadapi dari jauh hari. Biasanya baru ketahuan sekitar sebulanan sebelumnya. Kalau di H’wood ya enak, dari setahun sudah kebaca, dan sekitar 6 bulan udah ada fixed date. Kalau film lokal, mana ada. Kita ngantri minta jadwal ke pihak 21, syukur kalau dapet, abis itu baru dipertimbangkan strategis apa nggak, apa cari tanggal lain. Nggak bisa dari jauh hari tahu siapa film lokal yang bakal rilis bareng.

      Ini sudah kita hitung, tapi ya itu, yang kali ini jadi masalah adalah placement, bukan release datenya.

    • iya mas, saya juga kaget bisa mengalami situasi seperti ini. terlalu terasa bahwa ada yang nggak imbang.
      yah, cuma bisa mohon doa dan dukungan semua rekan untuk film saya yang kedua ini. ngerjainnya pakai hati…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s