Waduh! Hard Disk Avid-nya “The Maling Kuburans” Mendadak Nggak Ke-detect!

The Maling Kuburans seharusnya udah picture lock kemaren tanggal 5, setelah kita sepakat nggak jadi memajukan target rilis ke tanggal 20 Mei. Akhirnya kemungkinan tetap di akhir Mei atau awal Juni. Nah, walau udah geser balik ke tanggal rilis awal, bukan berarti schedule jadi mundur banget. Mendadak, hari Kamis tanggal 2 April kemaren dapat kabar bahwa 4 hard disk yang dipakai buat nyimpen media TMK mendadak nggak ke-detect oleh komputernya! Waduh!

Ini memang Avid yang pakai PC, hasil upgrade kemaren. Itu pun dadakan untuk ngejar ngedit offline pakai HDV. Di sini sih ada Avid “beneran” yaitu Avid Meridian yang dulunya harganya hampir satu milyar. Di masanya emang top of the line, tapi sekarang dia udah ketinggalan. Belum mampu ngedit HD. Tadinya kita rencananya untuk offline editing tetep pakai Avid Meridian ini, dengan hasil rekaman HDV yang 1080i di down-convert ke 576i alias DVCAM format. Ternyata, untuk nyoba ini riskan karena selain belum ada yang pengalaman nyoba, satu yang saya miss itu ternyata format HDV pakai teknologi Firewire untuk koneksinya sementara Avid Meridian pakai Remote Connection. Ya nggak klop lah! Sutradara rekomen untuk digelondongin aja, lalu nanti editor akan nyatat semuanya secara manual tapi saya nggak berani karena it’s just too tedious. Makanya kebetulan ada editing suite baru yang PC-based di kantor kita coba upgrade supaya bisa handle HDV. Minimal ya offline lah.

Alhamdulillah semua sih berjalan lumayan lancar. Kiya udah hampir picture lock, tapi memang sutradara pengen masukin musik untuk guide buat Candil yang rencananya akan bikin scoring. Nah, lagi di ujung proses itu, tahu-tahu Kamis 2 Mei, malam pas nyalain Avid yang PC ini mendadak kok buka Project semuanya jadi “Media Offline”. Ternyata ke 4 hard disk drive yang nyimpen semua media mati total. Nggak kebaca oleh sistem. Langsunglah hubungin mas Feri, andalan nyari solusi untuk masalah editing system. Tapi memang sampe sekarang, sudah 3 hari lebih belum juga berhasil membuat ke 4 hard disk itu nongol lagi di system.

Waktu udah mepet. The Maling Kuburans jangan sampai meleset dari release date. Sementara rencananya mas Feri akan mencoba menyalakan lagi ke 4 hard disk itu, tapi kita juga bersiap worst case yaitu harus loading ulang semua materi. Saya cuma bisa berharap semuanya bisa berjalan. Minimal, file Avid-Project nya masih utuh dan aman.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s