Trik Mengatasi Gelombang Bergeser Pada Moda D-Movie Nikon D90

Satu lagi kelemahan moda D-Movie di Nikon D90, tapi tentunya sama sekali tidak terjadi di moda still-picture. Kabarnya ini terjadi di tempat-tempat yang menganut sistem PAL, di mana lighting fluorescent entah itu lampu neon biasa ataupun Kinoflo akan menimbulkan gelombang bergerak atau scrolling wave pada video rekaman D90. Baik siang maupun malam, kalau lightingnya memakai fluorescent, gambar akan terganggu efek ini dan ini sudah membuat gambar tidak layak sama sekali. Gimana mengatasinya?

Katanya, kalau aja Nikon memberikan moda 25p dan 50hz, masalah ini akan hilang bagi kita semua di negeri PAL. Tapi, nyatanya kan nggak? Dari browsing sana-sini seperti biasa, saya mencatat trik seperti ini:

  • Dibawah lighting fluorescent, gunakan lensa manual, tutup sedikit aperture dan arahkan kamera ke papan atau dinding dengan warna mid tone. Gerak-gerakan sedikit kamera, yang akan berefek berubahnya exposure sampai ada saatnya gelombang itu menghilang. Nah, ketika gelombangnya hilang, segera lock exposure dan setelah itu atur lagi dengan mengatur f-stop.
  • Satu lagi begini caranya. Ketika gelombang muncul, keluar dari LiveView dan ubah arperture (sementara dalam AV mode) sampai gelombang tersebut menghilang. Setelah itu kita bisa kembali ke aperture awal dan gelombang sudah tudak muncul. Yang penting jangan gunakan moda Automatic.

Bener atau nggak trik ini? Saya hanya menerjemahkan dari sebuah diskusi, yang mana terus terang kalimat mereka pun kurang spesifik. Saya cuma mencatat dulu untuk nanti kalau-kalau saya jadi beli D90, dan itu pun saya kurang mengerti yang mereka maksud. Kalau ada yang sudah mencoba trik ini, mohon di share apakah benar bisa bekerja, atau apakah ada cara yang lebih tepat. Sejauh ini, rasanya selalu ada saja trik akal-akalan untuk mengatasi kelemahan moda D-movie di Nikon D90.

Iklan

One thought on “Trik Mengatasi Gelombang Bergeser Pada Moda D-Movie Nikon D90

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s