Contoh Teknik Setup Lighting Film

Tambahan thread lighting di dvxuser forum yang lumayan menarik buat sekedar ngasi ide. Ada gambar shotnya dan ngasi tahu setup-nya. Ini thread isinya posting dari member-member yang berbagi ilmu. Tapi ini sih nggak zero-budget amat ya, ada yang pake lampu gede-gede juga. Low budget, indie, tapi nggak zero budget amat. Lihat langsung threadnya di sumbernya. Saya masih males keliling ke forum lain…

Kalau ada rekan-rekan yang punya link serupa, kabar-kabari ya. Saya pengen belajar. Semoga link ini berguna.

Artikel terkait: Belajar Dasar Lighting Film

Iklan

4 thoughts on “Contoh Teknik Setup Lighting Film

  1. salam kenal mas.

    linknya ternyata berguna banget.
    saya jg sedang belajar lighting, dan pengen bikin sendiri.
    karena memang saya gak punya modal utk memulai usaha di bidang video produksi apa lagi utk bikin PH.
    tapi karena hobi dan tuntutan karena sering dimintain tolong utk dokumentasi video event dan dan beberapa kali bikin video dokumenter akhirnya diajakin temen utk pegang dokumentasi video wedding.
    siapa tau dari mas raya saya bisa belajar lebih banyak mengenai lighting.

    • syukur kalau berguna, pak đŸ™‚
      saya juga masih ngumpul-ngumpulin informasi berguna, apalagi untuk pembuatan dengan low-budget. tentang lighting kayaknya saya baru punya 2 artikel yang isinya link.

  2. Dear Bapak Raya Fahreza !
    Saya tertarik juga membaca tulisan bapak. Mungkin saya dapat belajar dan berbagi pengalaman dengan bapak. Maklum kami didaerah sangat minim tentang ilmu macam ini… Oh ia.. perkenal nama saya : akil rozha. saya berkerja di sebuah instansi pemerintah sebagi fhotogarfer/cameran di sebuah disebuah pulau kecil ujung barat sumater. dan saya PNS. saya sangat hobbi sejak dari dulu sebelum saya PNS. Jadi sampai sekarang masih Saya geluti. Saya pernah membuat Video clip lagu-lagu daerah. Namun saya pikir masih sangat jauh ktinggalan dengan yag dibuat secara profesional. Saya membuatnya dengan alat sangat sederhana. Saya menggunakan Camera Panasonik MD 9000 DV. Untuk itu saya ingin bertanya. Gimana cara membuat video yang bagus dan pake software apa ? selama ini saya menggunakan ULEUD. dan waktu barning ke VCD/DVD gimana caranya hasilnya bagus dan jerni. apa bila filenya sudah di Confort.. Akhir bulan inipun kami mangadakan pagelaran seni tradisional daerah. dan saya dipercayakan untuk membuat dokumetasinya terutama video. Saya ingin sekali hasilnya seprti profesional.. dan hari-hari saya juga punya usaha untuk pembuatan dokumentasi pernikahan, baik video maupun fhoto. kalau camera saya menggunakan Nikon D70. pada edting image saya pakai noiseware..
    Saya masih menyimpan file video dan fhoto tsunami yang terjadi di daerah kami tagl. 26 Desember 2004 maupun gempa NAD – Nias 28 Maret 2005 . Saya ingin sekali membuatnya jadi sebuah dokumenter layaknya yang pernah di buat Egle Aworld Metro TV. dan gamber tersebut saya sendiri yang mengambilnya. Demikian harapan saya kiranya Bapak raya fahreza dapat membagi pengalaman kepada kami yang tinggal di daearah kepulauan..
    Atas perhatiannya saya ucapakn terima kasih.
    Wassalam.

    AKIL ROZHA – ACEH
    ( akil.rozha@yahoo.com )

    • Kita belajar bareng pak Rozha.
      Alhamdulillah kalau ada juga yang menganggap tulisan ngasal saya ini menarik juga. Saya sendiri selain bikin catatan produksi film saya disini, mau ngumpulin link dan artikel berguna buat belajar bikin film. Walau udah pernah produksi sinetron dan film, saya belum kesampaian nge-direct sendiri… Kalau alat produksi di kantor sih lengkap, tapi saya pribadi belum punya alat-alat seperti pak Rozha. Kalau udah ada, enak buat belajar dan eksperimen.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s