Link: Cara Menghilangkan Artefak Jaggy/Stair-stepping di Hasil Rekaman D-Movie Nikon D90

Salah satu dari sekian banyak kelemahan video (cuma di videonya loh bukan di still-photo!)dari Nikon D90 adalah gambar yang jaggy pada obyek atau garis diagonal. Bisa terlihat seperti bergerigi atau seperti tangga alias stair-stepping, nggak halus. Terus terang ini bener-bener mengurangi nilai video si D90 karena artinya nggak akan bisa di layar yang agak besar. Artefak ini akan kelihatan banget dan gambar jadi jelek sekali. Jadi, sudahlah ada masalah jello dan skewing yang mengharuskan shot-shot D90 dikunci dengan tripod, eh ternyata gambarnya pun masih jaggy. Untungnya ada videografer-videografer yang niat banget nyari solusi untuk mengatasi ini, dengan catatan memang workflow video D90 ini makin panjang aja.

Seperti tips D90 yang sebelumnya, yang ini juga berasal dari orang-orang yang ‘niat’ di forum pengguna Panasonic DVX. Mereka juga lumayan semangat dengan kehadiran si D90 jadi iseng banget selalu nyari cara workaround segala kelemahannya. Hebat lah. Jadi, bagaimana mereka mengatasi efek buruk ini? Penulisnya Lee Wilson menggunakan After Effects untuk membagi frame jadi pecahan setinggi 9 pixel yang lalu dia pisah-pisahkan dengan spasi 1 pixel, lalu spasi atau gap yang ada dia isi dengan interpolasi. Yang brilyannya, sekali bikin project ini, projectnya bisa di save dan digunakan di footage lainnya tanpa harus mengulang! Bayangin ngulang misahin 720 frame capek aja bo. Kebayang kan? Saya yang nggak makai After Effects aja kebayang. Itu intinya, tapi mendingan baca langsung deh di sumbernya. You better read it from the source, I have no right to post the details.

Sekali lagi seperti halnya banyak catatan saya di sini, saya mesti bilang bahwa ini sekedar berbagi pengetahuan yang saya dapat dari sebuah forum di internet. Bukan ilmu atau trik ciptaan saya, tapi sekedar saya catat di sini karena saya akan perlu dan siapa tahu bisa berguna juga buat yang lain.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s