Budget Produksi Film Gebleg

Hari ini ke kantor, silaturahim sekalian mau membahas kelanjutan film ke 2, TMK. Pak produser sedang in a cheery mood jadi lumayan enak ngobrol, tapi ternyata beliau belum baca lagi plotting yang kemaren. Akhirnya malah bahas budget yang mesti di efisienkan karena kemarin Setannya Kok Beneran walaupun alhamdulillah untung, mestinya bisa lebih menguntungkan. Omong punya omong, akhirnya beliau nyebut angka yang dulu pernah dikeluarin juga. “Saya mau bikin lagi kalau biayanya nggak lebih dari 1,5 dan itu udah termasuk 45 copy plus promosi”. Yihiy. De ja vu.

Saya nggak mau defensif, saya tetap positif karena toh saya pun pengennya budget lebih efisien. Saya juga nggak suka kalau terlalu gambling. Dan saya pun lebih senang kalau bisa lebih menguntungkan. Tapi realistisnya sebetulnya udah nggak perlu dicorat-coret lagi pun udah bisa kebaca. Yang udah pasti harganya itu ada beberapa, diantaranya:

  • Sound post udah pasti kena minimal 50
  • Proses DI udah pukul rata aja deh 300
  • Cetak 45 copy juga ketahuan deh 400
  • Iklan bareng 21 di Kompas aja kemaren abis 250

Itu cuma ujungnya produksi film aja udah keluar angka 1m! Cuma ujung, nggak lengkap pula. Sementara, produksi belum dihitung sama sekali. Sisa 500 buat sewa alat, operasional, lokasi, art, kostum, bahan baku, dari A sampai Z belum dihitung. Terus, apa pemain dan kru nya gratis? Kemaren nyebut-nyebut maunya next one pakai sutradara dan editor yang ‘bagus’, tapi kalau begini ya mana masuk angkanya. Apa mau potong ekstrim, syuting ala FTV cuma 5 hari? Duh jangan, kayak nggak belajar dari pengalaman namanya. Kamera dan alat lain bisa saya tekan, nggak usah pake 790 lagi, pake Z1 aja, tapi berapa gede sih bedanya? Si Z1 butuh lampu banyak juga. Avid di kantor walaupun yang Meridian dulu keren, nggak bisa buat online HD. Au ah. Ngacak-ngacak itungan dulu besok. Mau tahu yang realistisnya berapa. Atau kalau lagi nawar barang “abisnya berapa nih?”. Saya pengen stay positive aja, aduh jangan sampai film ke 2 diundur. Mati angin saya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s