Belajar Dasar Lighting Film, Secara Low Budget!

Dari dulu saya penasaran tentang teknik lighting film, karena kelihatannya sangat susah padahal vital sekali dalam membuat gambar yang bagus. Kalau lagi di lokasi syuting, saya bisa aja mengira-ngira angle camera yang bagus bagaimana, tapi soal lighting nggak pernah mengerti. Kenapa lampu gedenya ditaruh di situ? Kenapa lampu kecilnya ditaruh di sana? Kapan harus pakai lampu yang mana, dan seterusnya. Adanya cuma bengong ngelihat DP dan orang lighting sibuk ngatur, ngintip monitor dan memerintahkan geser ini itu, pasang atau lepas filter. Saya nggak butuh ilmu yang se-profesional itu, minimal pengen ngerti dasarnya aja.

Bisa aja beli buku, tapi satu masalahnya, saya orangnya nggak sabaran. Selalu pengen tahu dasarnya aja untuk memulai, nggak suka kelewat dalem. Intinya, saya kepengen tahu cara-cara sederhana yang bisa diterapkan untuk produksi zero-budget. Akhirnya, ketemu juga beberapa link yang benar-benar cocok dengan keinginan saya. Pertama, saya rekomen download ini:

ARRI Lighting Handbook

Sebetulnya ini brosur, tapi banyak gambar skema dan contoh lighting yang cukup ngasi gambaran buat pemula kayak saya. Berkat brosur ini saya jadi lebih mengerti teknik dasar dan istilah-istilah dalam lighting untuk film. Tapi, apa yang dijelaskan di ARRI ini adalah teknik dan nggak ngajarin bagaimana menerapkan semua itu kalau kita nggak punya alat-alat profesional itu. Nah gimana? Ada nggak yang bisa ngajarin lighting versi modal nekad? Akhirnya ketemu beberapa artikel ini:

Buat Sendiri Low-budget Light Kit Anda oleh Scott Spears

Low Budget Film & Video Lighting

Do-it-yourself Lighting Dengan Peralatan Non-film

Untuk yang cuma kepengen tahu dasar-dasarnya, ketiga artikel ini digabung dengan pengetahuan teknik dasar dari brosur ARRI rasanya sudah lumayan. Minimal, rasa penasaran saya sudah terpenuhi.

Iklan

One thought on “Belajar Dasar Lighting Film, Secara Low Budget!

  1. Ping-balik: Contoh Teknik Setup Lighting Film « Nama Saya Raya Fahreza

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s