Mengkhayal Dikit, Pilih Scarlet atau 5D MkII?

Kalau tahun depan punya uang nganggur $3,000 mana yang bakal saya pilih? Begini nih kalau lagi bangkrut dan bete, malah mengkhayal yang tinggi-tinggi. Jangankan beli kamera, sekarang saja dikejar tagihan kartu kredit sementara belum ada pemasukan. Tapi, ya, mengkhayal kan bisa jadi cita-cita. Boleh dong?

Scarlet memang keren konsepnya. Dengan $3,000 bisa punya kamera kecil tapi resolusi 3K, yang sudah lebih cukup untuk produksi film di Indonesia! Hebat! Tapi, workflow untuk video 3K masih belum jelas, dan lagi si Scarlet ini nggak bisa ganti-ganti lensa. Apakah bisa dapetin DOF cetek yang lebih “film-like”? Ataukah cuma jadi kayak handycam dengan resolusi super tajam? Kayaknya sebelum bentuk barunya diumumkan (baca berita tentang perubahan desain Scarlet), rasanya sih belum menarik amat. Scarlet sudah pasti nggak interchangeable lens, jadi kalau mau pakai lensa 35mm akan harus beli 35mm lens adapter lagi. Hmmm… Males ya. Toh saya nggak pengen bikin film serius.

Canon 5D MkII untuk harga segitu jadi menarik bagi saya karena saya dari dulu pengen punya kamera DSLR, lalu ini dapat kemampuan video yang keren pula (udah liat kan contohnya). Jadi, kayaknya, saya akan milih ini karena saya bisa punya kamera still-photo yang mantap, plus kamera HD yang interchangeable lens tanpa harus invest di 35mm adapter. Cukup bawa DSLR, bisa bikin macam-macam. Kalau saya beli Scarlet, tetep belum punya DSLR dong. Nggak bisa bikin foto cantik istri tercinta.

Dah, udah ditulis jadi legaan. Kembali ke realita saya yang sedang bangkrut dan belum ada kejelasan proyek berikutnya. Dan mengkhayal yang lebih membumi aja, Nikon D90.

Iklan

2 thoughts on “Mengkhayal Dikit, Pilih Scarlet atau 5D MkII?

  1. mmm…
    andai mampu sih saya beli 5d2 aja taun depan, nggak nunggu generasi berikutnya, nggak sabar… andai mampu ya… hahaha. nyatanya D90 aja cuma mimpi saat ini. semoga canon dan nikon ke depannya mau agak seriusan di DLSR-video. kalau Canon melakukan itu, dia bakal menghajar line-up kamera video semi-pro dia sendiri, tapi kalau Nikon bener-bener nothing to lose, malah bakal bikin line-up tambahan…

    tapi penasaran juga Scarlet bakal gimana. abis kayaknya dia bereaksi banget menghadapi keluarnya DSLR-video ini. si Red tahu orang film ngejar look-nya super35 sama dof cetek, tapi Scarlet udah dia pastiin fixed lens. cuma jannard janjiin ini lensa paling bad-ass… penasaran…

  2. … atau tunggu siapa Canon nyalib Nikon lagi, ngluarin DSLR dengan feature full-HD plus auto-focus (dan seabreg minus points dari D90).
    *lagi berusaha menahan diri untuk tidak kebablasan ambil D90*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s