Trik Mendapatkan Gambar Lebih Bersih di Moda D-Movie Nikon D90

D-movie bukanlah fungsi kamera tersendiri, cuma merupakan cara D90 merekam output Live View sebagai motion JPEG. Karena itu, fungsi-fungsi still photo yang ada di D90 banyak yang tidak berlaku saat masuk moda D-Movie. Pemilihan shutter dan ISO sudah pasti tidak bisa kita lakukan, jadi kalau dilepaskan secara otomatis, maka kalau cahaya kurang, otak D90 Live View akan segera mendongkrak ISO jadi tinggi. Korbannya adalah kualitas video yang menjadi agak noisy, banyak noise karena ISO tinggi. Tapi ada trik-trikan untuk menurunkan ISO supaya bisa dapat gambar yang lebih rendah noise dibanding membiarkan otak kamera memikir sendiri. Sekali lagi, ini adalah sekedar catatan ilmu yang saya dapat dari sebuah thread yang sangat berguna di forum pengguna Panasonic DVX. Saya di sini sekedar mencatat dan berbagi saja. Jangan protes ya, cuma riset aja. Kameranya juga saya belum punya kok.

Pertama, yang paling pasti adalah bahwa kita bisa mendapatkan hasil konsisten dalam hal ini hanya dengan menggunakan lensa manual dan lighting yang layak. Ini pun dengan catatan bahwa kita juga sudah mencoba-coba sebelumnya supaya tahu bagaimana otak kamera ini berpikir, jadi kita tahu bagaimana kamera akan merespon. Itu kalau pakai lensa manual, tapi masih ada jalan lain, trik yang sudah dicoba oleh penulis topic itu. Untuk melakukan trik ini, dia menyebutkan agar menggunakan lensa manual Nikkor 50/1.4 atau yang serupa. Katanya, begini cara untuk ‘menipu’ kamera agar kita bisa shoot lowlight dengan ISO yang lebih rendah:

  1. Keluar dari moda Live View dulu, lalu set kamera ke Manual
  2. Nyalakan AE-L(hold), lalu cek di viewfinder apakah sudah aktif dan ikonnya sudah menyala. Cara menyalakan AE-L(hold) ada di catatan saya sebelum ini.
  3. Turunkan bukaan Iris sampai f5.6 – f8
  4. Arahkan kamera ke dinding atau objek yang sekitar 60% terang, bukan terlalu silau
  5. Nyalakan moda Live View
  6. Buka kembali Iris ke f1.4 atau 2.8, sekarang gambar sudah lebih bersih dari noise

Menurut teori sang penulis, yang terjadi adalah kita telah memberitahu kamera bahwa gambar yang kita inginkan sudah pas dengan f5.6, lalu kamera tidak sempat mengubah apa-apa lagi karena sudah duluan kita AE-L(hold) ‘kan. Kamera tidak sempat mengubah setting ISO supaya naik lagi karena keburu kekunci di AE-L(hold) oleh kita. Karena memakai lensa manual, kita tidak perlu keluar dari Live View yang bisa membuat setting shutter dan ISO berubah, sekarang kita bisa mengubah-ubah iris sesuai kemauan kita dan kamera tak akan menyesuaikan diri. Hmmm… Bener nggak ya ini yang terjadi? Penulis juga bilang ini masih teori, tapi pada prakteknya sudah berhasil dia buktikan bahwa video yang didapat setelah melakukan trik ini lebih bebas noise dibanding dengan video yang direkam tanpa melakukan trik ini.

Diskusi masih berkembang dan makin banyak yang penasaran untuk mencoba mencari cara-cara mengakali kemampuan video si D90 yang menggemaskan ini. Saya sih senang mencatat, jadi kalau nanti punya D90, udah banyak bahan yang bisa dicoba.

Iklan

One thought on “Trik Mendapatkan Gambar Lebih Bersih di Moda D-Movie Nikon D90

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s