Trik Mengunci ISO & Shutter Speed di D-Movie Mode Nikon D90

Nggak ada cara mengunci ISO dan shutter di moda D-movie nya Nikon D90. Kenapa? Sudah kita pahami bahwa berhubung D-Movie ini sebenarnya cuma kemampuan merekam stream Live View, artinya semua setting dilakukan oleh otaknya D90. Dia cuma mikir apa setting yang tepat supaya gambar di Live View menjadi bagus menurut ukuran otaknya sendiri, bukan kita. Nggak banyak yang bisa dilakukan karena kita nggak bisa setting manual tapi salah satu trik mengakalinya adalah dengan mengunci AE-nya atau AE-L(Hold) urutannya sebagai berikut:

  1. Menu
  2. Custom Settings (ikon pensil)
  3. f (controls)
  4. Assign AE-L/AF-L Button
  5. Ae lock (hold)
  6. Ok

Begitu ini dilakukan, pengaturan otomatis ISO dan shutter dari kamera berhenti, tapi kita juga udah nggak bisa nge-set apa-apa lagi. Emang agak ribet makanya saya catet disini supaya inget. Ini saya dapat dari lagi-lagi dari sebuah thread di forum pengguna panasonic dvx (loh kok?) yang sangat informatif.

Satu cara lain lagi yang dijelaskan penulis di thread itu adalah dengan memainkan pengaturan EV, tapi katanya itu nggak mengendalikan atau mengentikan setting yang dilakukan kamera sepenuhnya. EV sebetulnya mempengaruhi perhitungan setting ISO dan shutter di kamera, tapi belum tahu pastinya. Katanya, pada dasarnya EV negatif akan membuat shutter speed lebih tinggi dan EV positif sebaliknya. Saya cuma mencatat disini untuk research dan kepentingan pribadi, untuk selengkapnya silakan baca original post di link di atas.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s