Tentang Kemampuan D-Movie di Nikon D90

Sebelum mimpi terlalu jauh untuk bisa bikin film independen dengan kamera DSLR yang fitur video-recordingnya masih termasuk eksperimental ini, saya kelilingan browsing di internet tentang review moda D-movie ini. Kebanyakan review memang cuma nyentuh kulitnya, sama sekali nggak mendalam. Yah mayoritas sekedar review produk aja, tapi nggak ngasi detil yang berguna. Akhirnya ketemu juga ulasan yang sangat mendalam di DVXuser forum. Di sini bener-bener dicoba oleh para profesional dan para enthusiast yang bener-bener serius tertarik mencoba kemampuan perekaman video si D90 ini. Diantara banyak user di sana, adalah yang bernama Kholi yang sudah membuat review paling dalam dan juga menemukan beberapa cara untuk mengakali kekurangan-kekurangan D-movie nya Nikon D90 ini.

Mengacu pada rangkuman mengenai Nikon D90 D-Movie yang disimpulkan oleh user bernama Kholi di DVXuser forum, yang paling pertama mesti diketahui adalah, nggak semua kemampuan setting manual di moda still-photo bisa diterapkan di moda D-movie ini. Pertama, inilah apa-apa yang bisa pada D-movie adalah:

  • Bisa mengatur Aperture manual dalam moda Aperture Priority (A) mode atau dengan lensa manual
  • Bisa mengatur Picture Control, sharpness, contrast, saturation, semua berlaku dalam D-movie
  • Bisa mengatur Custom Curves dengan NikonNX Software
  • Bisa mengatur Exposure Value (EV +/-)
  • Bisa memilih moda perekaman dalam HD 720p atau SD

Sementara, ada dua hal penting yang sayangnya benar-benar tidak bisa kita atur sendiri dan mutlak dilakukan oleh otak si kamera. Ini menjadi sisi kekurangan D-movie pada Nikon D90 yaitu:

  • Tidak bisa memilih ISO secara manual
  • Tidak bisa mengatur shutter secara manual

Kedua seting diatas mutlak diatur oleh otak si kamera. Secara kualitas hasil rekaman, kebanyakan user di sana mengatakan bahwa hasil rekaman 720p nya termasuk dibawah standard. Dengan masalah rolling shutter, jagged edges dan exposure yang mesti diakalin supaya bisa ngunci, memang banyak sekali kekurangannya. Tapi, tentunya ini buat mata profesional dan buat mata amatir seperti saya sejauh ini sample-sample nya kelihatan bagus-bagus aja. Ini dasarnya aja, yah, minimal sekarang udah lebih tahu sedikit tentang si D90 ini. Untuk tip & trik lebih lengkapnya, ada di pembahasan di DVXuser forum.

Iklan

2 thoughts on “Tentang Kemampuan D-Movie di Nikon D90

  1. maksud dari :

    Sementara, ada dua hal penting yang sayangnya benar-benar tidak bisa kita atur sendiri dan mutlak dilakukan oleh otak si kamera. Ini menjadi sisi kekurangan D-movie pada Nikon D90 yaitu:

    * Tidak bisa memilih ISO secara manual
    * Tidak bisa mengatur shutter secara manual

    hanya terjadi pada saat merekam movie ya? apakah pada saat pengambilan foto ISO dan shuter tetap bisa diatur manual?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s