Memahami D-Movie di Nikon D90

Satu lagi catatan menarik dari berbagai diskusi mereka yang mencoba fitur D-movie pada Nikon D90 di forum-forum luar negeri adalah mengenai konsep dasar pola kerja D-movie itu sendiri. Menerjemahkan komen dari salah satu user di DVXuser, ternyata fungsi D-movie lebih tepat merupakan moda yang merupakan perpanjangan dari fitur Live View pada D90 ketimbang perpanjangan dari fungsi still photo camera.

Jadi, D-movie bukanlah fungsi kamera murni tapi merupakan kemampuan untuk merekam output Live View. Setting ISO dan shutter speed yang diset untuk still photo tidak berlaku di D-movie, karena pada prinsipnya Live View ini memperhitungkan sendiri shutter speed dan ISO yang tepat agar pemakai bisa mendapatkan gambar preview yang jelas akan still photo yang mereka ambil. D-movie sekedar cara mudah merekam output dari Live View itu. Mudah dimengerti kan?

Jadi ya, segala keterbatasan yang ada memang wajar karena ini memang fungsi tambahan, atau perpanjangan dari kemampuan Live View. Bukan sebuah sistem kamera video yang berdiri sendiri. Nggak apalah, udah syukur Nikon D90 memberi kita kemungkinan memiliki kamera dengan interchangeable lens dengan harga terjangkau dibanding beli DV atau HD camcorder lalu mesti beli lagi Letus35.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s