Nikon D90, Impian Baru

Nikon D90 - DSLR dengan kemampuan video

Nikon D90 - DSLR dengan kemampuan video

Saya udah ngelupain Nikon D40, sekarang ada inceran baru yang bener-bener exciting, Nikon D90! Dan ini bukan karena saya suka dengan segala yang baru atau lebih canggih ya, buktinya saya selama ini nggak pernah berminat melirik D40X atau D80, selama ini ngotot cuma mau D40 yang kata orang ‘cupu’. Kenapa saya jadi seru sendiri sama si D90 ini? Karena untuk pertama kalinya, khayalan saya diwujudkan yaitu movie mode pada kamera DSLR!

Kemampuan still photo-nya sudah pasti oke lah, tapi dengan moda D-movie ini si D90 bisa merekam motion JPEG dengan resolusi HD 720P pada 24fps. Bayangin! Akhirnya ada kamera perekam video dengan interchangeable lens yang bisa manual! Bener-bener impian jadi kenyataan. Sebelum ada ini, semurah-murahnya kita mesti punya camcorder dulu, lalu beli lagi 35mm lens adapter. Sekarang, udah bisa langsung dengan harga DSLR aja. Tapi apa bagus hasil videonya?

Seharian ini berkutat baca DVX User Forum dan memang kalau buat yang kelas profesional banyak yang menemukan kekurangannya, tapi makin ke belakang mereka juga nemuin banyak akal-akalan buat mengatasi kekurangan D-movie ini. Mulai dari keterbatasan setting dan masalah dengan exposure locknya dibahas dan dicari jalan keluarnya. Wajarlah kalau masih banyak keterbatasan, wong ini first attempt-nya si Nikon kok. Ke depan nya pastinya makin oke, lagipula ini yang nge-test adalah para user yang kelasnya udah main pakai REDcam. Yang pasti, walau moda D-movie nya masih banyak kekurangannya, sudah jadi alternatif yang menarik banget buat para amatir dan independent film maker yang bermodal pas-pasan. Dengan ini, gambar yang punya shallow depth of field udah bisa didapat. Selamat tinggal gambar flat ala consumer class camcorder! Mau lihat hasil-hasilnya seperti apa? Coba lihat halaman khusus D90 di Vimeo yang ini.

Duh, jadi mengkhayal terus nih seharian. Kayak yang mampu beli aja. Tapi, kalau emang mampu beli sih udah megang, nggak cuma mengkhayal dong ya. Kalau semua udah beres, nggak ada lagi hutang, keuangan dan hidup udah normal, mesti punya ini… Duh kapan ya…

Iklan

3 thoughts on “Nikon D90, Impian Baru

  1. kalau sama kayak saya, suka sama kemampuan videonya, si canon juga ngeluarin 5DMkII tahun depan pakai HD video juga… ada banyak saya catat di blog ini juga kok… pastinya lebih canggih, tapi ya emang kelasnya kan lebih tinggi, harganya juga 2 kalinya D90 ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s